Home » Blog » Atasi Anak Susah Makan Sayur Dengan 3 Olahan Sayur Sarat Nutrisi!

Atasi Anak Susah Makan Sayur Dengan 3 Olahan Sayur Sarat Nutrisi!

susah makan sayur

Bagi Sahabat sehat yang memiliki problem anak susah makan sayur tentunya menjadi kekhawatiran bila nutrisi buah hati tidak seimbang dan berakibat menganggu perkembangan. Padahal, sayur merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan organ-organ dalam tubuh menjalankan fungsinya.

Maka dari itu, Anda harus pintar mencari cara mengolah sayuran agar si kecil gemar makan sayur. Dewasa kini, banyak metode mengolah makanan yang pasti disukai segala usia, termasuk anak-anak. Disini akan diulas mengenai manfaat makan sayur bagi perkembangan anak dan 3 olahan sayur asyik untuk buah hati!

Manfaat Makan Sayur Pada Anak

Sikap suka pilih-pilih makanan pada anak akan selalu terjadi, terlebih jika anak telah diperkenalkan makanan dengan rasa manis dan gurih. Jangan biarkan hal tersebut terjadi terus-menerus, berikut besar manfaat makan sayur yang harus Anda ketahui.

Jaga Imunitas Tubuh

Vitamin dalam sayur sangat dibutuhkan si kecil dalam masa pertumbuhan, defisiensi vitamin mengakibatkan rendahnya sistem imun tubuh, sehingga meningkatkan resiko gangguan kesehatan. Itulah mengapa susah makan sayur pada anak harus segera diatasi.

Kurangi Risiko Obesitas Pada Anak

Anak rentan terkena obesitas akibat pola makan yang tidak dijaga dengan benar, mengonsumsi sayur setiap hari akan menurunkan risiko obesitas pada anak. Pastikan selalu ada olahan sayur dalam menu makan si kecil setiap hari.

Jaga Pencernaan Baik

Saluran pencernaan yang baik akan berdampak pada peningkatan perkembangan si kecil. Serat dalam sayuran akan menjaga mikroflora usus, sehingga fungsinya semakin optimal mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh dan mengubahnya menjadi nutrisi dan energi.

Kembangkan Fungsi Motorik

Pola makan sangat menentukan perkembangan fungsi motorik pada anak dalam masa pertumbuhannya. Nutrisi dari sayuran dapat mendukung perkembangan otak anak yang erat kaitannya dengan kecerdasan dan cara berpikir.

Cegah Camilan Tak Sehat

Segala macam sayuran pasti kaya serat, kandungan tersebut membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga anak dapat mengurangi konsumsi camilan tidak sehat seperti permen, cokelat atau gorengan.

3 Olahan Sayur Bagi Anak Susah Makan Sayur

Setelah memahami manfaat sayur bagi perkembangan buah hati, saatnya menemukan olahan sayur dengan rasa yang lebih disukai anak berikut ini!

1. Green Smoothies

Smoothie merupakan minuman kental berbahan dasar sayur, buah dan kacang-kacangan. Rasa manis, segar dan creamy membuat smoothie berhasil digemari oleh banyak orang di segala usia. Nah! Anda bisa buatkan si kecil green smoothies menggunakan campuran sayur bayam, pisang, mangga, yoghurt dan madu. Cukup gunakan blender untuk mencampurkan semua bahan, dan siap disajikan pada si kecil!

2. Puding Sayur

Puding merupakan camilan berbahan dasar gelatin dan susu tentu disukai si kecil karena rasa manis dan legit. Anda bisa menyiasati anak susah makan sayur dengan puding sayur. Caranya mudah seperti membuat puding pada umumnya, hanya saja ditambahkan sawi rebus yang sudah dihaluskan menggunakan blender.

3. Jus Sayur

Olahan satu ini tergolong umum, Anda dapat memodifikasi jus sayur menggunakan pemanis alami seperti stevia dan madu agar si kecil suka rasanya. Akan lebih baik bila menggunakan dua jenis sayur berserat tinggi dan sayuran dengan kadar air banyak agar struktur jus lebih disukai, seperti campuran tomat dan wortel.

Membuat olahan sayur yang digemari si kecil ternyata perlu blender berkualitas agar terhindar dari proses oksidasi yang mengakibatkan hilangnya nutrisi dalam sayur. Belakangan, blender satu ini jadi andalan banyak orang tua untuk mengatasi anak susah makan sayur, lho!

 

Photo by Greta Hoffman from Pexels

Referensi : dancow.co.id