Home » Blog » Jaga Kesehatan Anak Saat Pandemi : Inilah Manfaat Susu untuk Imun Anak

Jaga Kesehatan Anak Saat Pandemi : Inilah Manfaat Susu untuk Imun Anak

susu untuk imun anak

susu untuk imun anak – Sahabat Sehat pasti sudah tahu kalau susu mengandung banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun sendiri merupakan pertahanan alami tubuh dalam merespon atau melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Lantas sebenarnya kandungan apa yang terdapat dalam susu, sehingga mampu mendukung kinerja sistem imun tubuh anak, berikut ulasan mengenai kandungan dan manfaat susu untuk imun anak.

Manfaat Susu untuk Anak

Beberapa manfaat yang dimiliki susu dalam perannya menjaga daya tahan tubuh anak, antara lain:

  • Memperkuat tulang dan gigi 

Mengonsumsi susu sejak dini, dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi bagi anak, salah satunya dalam mencegah osteoporosis dan kerusakan gigi lainnya pada anak.

  • Menyehatkan Kulit

Susu memiliki banyak nutrisi yang dapat membuat kulit terasa sehat, salah satu kandungan didalamnya adalah asam laktat. Asam laktat inilah yang kemudian berperan sebagai eksfoliator dan enzim yang dapat menghaluskan kulit.

  • Menjaga Imunitas Anak

Salah satu manfaat susu untuk imun anak, kandungan didalamnya membantu tubuh menjadi tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Utamanya saat pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan kalori anak harus terpenuhi agar daya tahan tubuh dapat maksimal.

  • Menjaga Tekanan Darah

Rajin minum susu saat kecil, mampu membuat tingkat tekanan darah dalam tubuh tetap aman dan terjaga, kandungan magnesium dan potasium didalamnya mampu melancarkan supply oksigen ke seluruh tubuh.

Kandungan pada Susu

  • Zinc 

Zinc merupakan salah satu jenis mineral yang terkandung di dalam susu, kandungan zinc ini bermanfaat untuk mendukung respon sistem imun tubuh dalam melawan senyawa antigen serta mengurangi resiko yang diakibatkan karena terjadinya infeksi.

  • Magnesium dan Selenium

Manfaat susu untuk imun anak tak lepas dari peran magnesium dan selenium yang ada didalamnya, kandungan ini dapat membantu mengatasi kelelahan pada anak dan menjaga imunitas tubuh agar anak senantiasa dapat bergerak aktif.

  • Omega 3

Sahabat Sehat ternyata susu memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi, kandungan omega 3 ini merupakan jenis asam lemak yang disinyalir mampu menjaga kekebalan tubuh dan menekan peradangan, kandungan omega 3 ini juga dapat melindungi tubuh dari gangguan sistem imunitas seperti penyakit kolitis ulseratif crohn, arthritis rheumatoid dan lain sebagainya.

  • Protein

Salah satu mineral yang terkandung pada susu adalah protein. Protein dibutuhkan dalam banyak fungsi yang mampu memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai jenis infeksi.

  • Vitamin D

Salah satu vitamin yang terkandung pada susu adalah vitamin D. Vitamin D mempunyai fungsi dalam meningkatkan kinerja sel imun khususnya dalam melawan berbagai penyakit.

  • Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu zat yang terkandung dalam susu, vitamin A disebut juga vitamin anti inflamasi karena memiliki peran utama dalam mengendalikan peradangan serta mampu mempertahankan kekuatan kulit dalam menghalangi masuknya senyawa antigen.

  • Vitamin B12

Kandungan selanjutnya adalah vitamin B12, vitamin ini berperan dalam proses produksi sel darah putih, sel darah putih ini merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga daya tahan tubuh, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena infeksi.

Nah, itulah manfaat dan kandungan dari susu untuk imun anak, semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat untuk para sahabat sehat ya.

Referensi : Hellosehat

Gambar oleh tung256 dari Pixabay