fbpx
Skip to content
Home » Blog » Vitamin Ibu Hamil Trimester 1,2,3 Dan Tips Mengkonsumsinya, Selengkapnya

Vitamin Ibu Hamil Trimester 1,2,3 Dan Tips Mengkonsumsinya, Selengkapnya

Vitamin ibu hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang penting dan membutuhkan perhatian khusus dari sisi asupan gizi, asupan vitamin ibu hamil mungkin saja dibutuhkan sesuai saran dokter. Setiap makanan yang dimakan harus dapat mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, seperti kebutuhan vitamin dan mineral. Selama kehamilan, kebutuhan asupan makronutrien tumbuh secara signifikan. Makronutrien meliputi karbohidrat, protein, dan lemak.

Misalnya, asupan protein perlu ditingkatkan dari 0,36 gram per pon (0,8 gram per kg) berat badan yang direkomendasikan untuk wanita tidak hamil menjadi 0,5 gram per pon (1,1 gram per kg) berat badan untuk wanita hamil.

Ibu hamil pasti ingin memasukkan protein dalam setiap makanan dan camilan untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.  Kebutuhan zat gizi mikro, yang meliputi vitamin, mineral, , meningkat lebih banyak daripada kebutuhan zat gizi makro. Sementara beberapa orang mampu memenuhi permintaan yang meningkat ini melalui rencana makan yang terencana dengan baik dan padat gizi, namun hal ini bisa menjadi tantangan bagi orang lain.

DAPATKAN SUMBER VITAMIN IBU HAMIL DI SESA.ID

Alasan Konsumsi Suplemen Vitamain Ibu Hamil

Ibu hamil mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral karena berbagai alasan, termasuk:

  1. Kekurangan gizi: Beberapa orang mungkin memerlukan suplemen setelah tes darah menunjukkan kekurangan vitamin atau mineral. Memperbaiki kekurangan sangat penting, karena kekurangan gizi seperti folat telah dikaitkan dengan cacat lahir.
  2. Hiperemesis gravidarum: Komplikasi kehamilan ini ditandai dengan mual dan muntah yang parah. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan dan kekurangan gizi.
  3. Pembatasan diet: Wanita yang mengikuti diet tertentu, termasuk vegan dan mereka yang memiliki intoleransi dan alergi makanan, mungkin perlu melengkapi dengan vitamin dan mineral untuk mencegah defisiensi mikronutrien
  4. Merokok: Meskipun sangat penting bagi ibu untuk menghindari rokok selama kehamilan, mereka yang terus merokok memiliki kebutuhan yang meningkat untuk gizi tertentu seperti vitamin C dan folat.
  5. Kehamilan ganda: Wanita yang mengandung lebih dari satu bayi memiliki kebutuhan mikronutrien yang lebih tinggi daripada wanita yang mengandung satu bayi. Pemberian suplemen seringkali diperlukan untuk memastikan gizi yang optimal bagi ibu dan bayinya.
  6. Mutasi genetik seperti MTHFR: Methylenetetrahydrofolate reductase (MTHFR) adalah gen yang mengubah folat menjadi bentuk yang dapat digunakan tubuh. Wanita hamil dengan mutasi gen ini mungkin perlu melengkapi dengan bentuk folat tertentu untuk menghindari komplikasi.
  7. Gizi buruk: Wanita yang kurang makan atau memilih makanan yang rendah gizi mungkin perlu melengkapi dengan vitamin dan mineral untuk menghindari kekurangan.

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil Pada Setiap Trimester

Vitamin Ibu Hamil Trimester 1

Tahap pertama kehamilan atau trimester pertama merupakan masa terpenting untuk menentukan tahap selanjutnya. Trimester pertama ditandai dengan pembuahan, embriogenesis, implantasi intrauterin dan pembentukan janin hingga 3 bulan. Oleh karena itu, diperlukan suplementasi yang tepat bagi ibu hamil pada trimester pertama untuk mendukung proses tersebut.

Vitamin Code Raw Prenatal Garden Of Life

Garden Of Lifw Vitamin Code Raw Prenatal

Pemenuhan suplemen vitamin bagi ibu hamil pada 3 bulan pertama kehamilan akan membantu menjaga kesehatan ibu hamil, serta pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil harus memenuhi gizi optimal sejak mempersiapkan kehamilan. Jadi vitamin apa yang harus dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama?

BACA JUGA: Berikut Suplemen Ibu Hamil yang Dibutuhkan Saat Masa Kehamilan

1. Asam Folat

Pada masa ini ibu hamil membutuhkan asam folat. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel-sel baru, terutama pembentukan material genetik DNA. Asam folat dapat mencegah cacat lahir yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan cacat tabung saraf (Neural tube defects) yang dapat terjadi sejak awal kehamilan, waktu dimana banyak wanita belum tahu bahwa mereka hamil. Inilah sebabnya bahwa bagi wanita usia subur yang sedang program hamil dianjurkan mengonsumsi asam folat 400 mcg setiap hari, mulai sebelum pembuahan dan berlanjut selama 12 minggu pertama kehamilan.

Makanan yang mengandung asam folat antara lain :

  1. Sayuran hijau
  2. Kacang – kacangan

Bayam Hijau Organik

Bayam Sayuran Hijau

2. Vitamin B6

Mual muntah biasa dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Vitamin B6 dapat mengatasi hal tersebut. Vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan system saraf dan otak bayi, serta berperan dalam memproduksi norepinefrin dan serotonin. Dua zat ini diperlukan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain kacang tanah, gandum utuh, pisang, serta kacang polong.

3. Vitamin A

Vitamin A berperan dalam pertumbuhan mata, jantung, hati, apru – paru, tulang dan system saraf pada janin. Ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin A sebanyak 770 mikrogram dengan maksimal dosis adalah 1000 mikrogram/hari.

Kelebihan vitamin A dapat berisiko menyebabkan kelahiran cacat dan keracunan hati, terutama sumber vitamin  yang berasal dari suplemen. Oleh karena itu, sebaiknya asupan vitamin A berasal dari sayur, buah, dan lauk hewani.

Vitamin A 10000 IU Now

NOW Vitamin A

4. Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D berperan dalam proses penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium antara lain brokoli, kale, yoghurt, keju, ikan laut.

Vitamin Ibu Hamil Trimester 2

Pada trimester 2, asupan gizi ibu perlu dipenuhi dengan baik. Tujuannya bukan hanya untuk kebaikan ibu, melainkan juga janin yang ada dalam kandungan. Sebab di usia ini, plasenta sudah terbentuk sempurna, sehingga proses penyaluran nutrisi, oksigen, dan sisa metabolisme janin bisa berlangsung dengan baik.

Selain vitamin dan mineral yang sudah dikonsumsi sejak trimester pertama, ada beberapa vitamin dan mineral yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Vitamin C

Vitamin C berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Asupan vitamin C dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

vitamin-c-1000-complex-now-90-tabs-2

NOW Vitamin C

2. Zat besi

Zat besi berfungsi membantu transportasi oksigen dalam tubuh, meningkatkan pasokan energi dan volume darah, mencegah anemia pda ibu hamil, dan menurunkan risiko bayi lahir premature. Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain hati, daging merah, dan sayuran hijau.

3. Zinc

Zinc dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin, membantu pembentukan DNA, membantu metabolisme tubuh, serta mengurangi risiko bayi lahir premature dan keguguran. Makanan banyak mengandung zinc adalah ikan salmon, hati, daging sapi, kacang-kacangan, serta susu dan olahannya.

Vitamin Ibu Hamil Trimestar 3

Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, sahabat sehat perlu memperhatikan asupan gizi. Pada periode ini, janin sudah mulai terlihat bentuknya, organ – organ penting dalam tubuh juga mulai terbentuk dan berfungsi. Pada minggu ke 32 kehamilan, tulang janin juga berkembang.

System saraf terus berkembang pada usia kehamilan trimester ketiga ini. Bayi baru lahir juga mulai menyimpan berbagai komponen mineral dalam tubuhnya, seperti zat besi dan kalsium. Oleh karena itu, ibu tetap harus memenuhi kebutuhan gizi ibu yang tinggi pada trimester ke-3 ini. Selain vitamin dan mineral yang sudah dikonsumsi sejak trimester kedua, ada beberapa vitamin dan mineral yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan tulang bayi yang cepat pada usia kehamilan ini. Kebutuhan kalsium sebesar 1200 mg/hari. Kalsium juga akan disimpan oleh bayi sebagai cadangan. Makanan yang mengandung kalsium antra lain susu, sayuran hijau, ikan laut, dan kacang – kacangan

2. Zat besi

Kebutuhan zat besi ibu hamil memasuki trimester ketiga semakin meningkat. Hal ini seiring dengan meningkatnya volume darah yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Kekurangan zat besi saat kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan BBLR. Makanan yang kaya akan zat besi antara lain bayam, brokoli, daging merah, kuning telur, dan kacang – kacangan.

3. Zinc

Kebutuhan zinc meningkat sebesar 20 mg. Aapabila zinc terpenuhi dengan baik selama kehamilan, dapat mencegah bayi dari kelahiran premature. Sumber makanan yang mengandung zinc antara lain daging merah, seafood, sayuran hijau, dan kacang – kacangan.

5. Vitamin A

Kebutuhan vitamin A meningkat pada usia kehamilan trimester ketiga. Vitamin A dapat diperoleh dari sumber buah sayur, dan juga hati.

Tips Mengkonsumsi Vitamin Ibu Hamil

Beberapa suplemen vitamin dan mineral untuk hamil dapat menyebabkan mual. Jika ini terjadi pada Sahabat sehat, sebaiknya perlu dikomunikasikan dengan dokter Anda. Dokter akan meresepkan jenis vitamin yang berbeda yang tidak harus Anda telan secara utuh. Pilihannya dapat berupa : tablet kunyah dan cairan.

Zat besi dalam suplemen ibu hamil juga dapat membuat sembelit. Jika ini terjadi, Sahabat sehat dapat mengkonsumsi makanan tinggi serat, minum banyak air putih, berolahraga jika dokter menyatakan itu aman.

  1. https://www.webmd.com/baby/guide/prenatal-vitamins#091e9c5e80009296-2-6
  2. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/
  3. https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy

 

Sumber Gambar:

sesa.id
pexels.com