Home » Blog » 6 Alasan Kenapa Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil Itu Penting

6 Alasan Kenapa Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil Itu Penting

vitamin kalsium untuk ibu hamil

Kehamilan merupakan masa-masa paling penting dan mendebarkan untuk ibu hamil. Asupan yang masuk ke dalam tubuh perlu diperhatikan demi sang jabang bayi. Konsumsi vitamin kalsium untuk ibu hamil pun jangan sampai terlewatkan.

Sahabat Sehat yang sedang hamil harus memerhatikan juga asupan kalsium selama masa kehamilan. Berikut alasan kenapa vitamin kalsium juga penting bagi ibu hamil.

DAPATKAN SUMBER KALSIUM IBU HAMIL LEBIH SEHAT DI SESA.ID

Kenapa Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil Penting?

  1. Optimalisasi Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Sahabat sehat pasti sudah tahu jika kalsium punya peran penting dalam pembentukan tulang serta gigi. Baik sang ibu mau pun bayi, keduanya sama-sama membutuhkan asupan vitamin untuk kalsium.

Gigi memang akan mulai muncul saat menginjak usia lima bulan, akan tetapi pembentukannya sudah terjadi saat masih berada dalam kandungan. Kalsium yang ada pada tubuh sang ibu akan otomatis terserap oleh janin.

Sehingga, itulah mengapa Sahabat Sehat yang sedang mengandung penting untuk memenuhi asupan kalsium agar tulang dan gigi kuat, serta membantu optimalisasi pertumbuhan sang bayi.

BACA JUGA: 7 Fungsi Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh

  1. Pembekuan Darah

Kalsium sebenarnya mempunyai andil dalam proses pembekuan darah. Kalsium pun berperan dalam memungkinkan otot melakukan kontraksi, menjaga stabilitas sel-sel membran.

Jadi, seorang ibu hamil jangan sampai kekurangan kalsium, ya.

  1. Menjaga Kesehatan

Seseorang yang sedang mengandung akan lebih rentan mengalami berbagai permasalahan kehamilan apabila kekurangan kalsium dalam tubuhnya. Janin bayi akan menyerap kalsium yang dimiliki sang ibu untuk perkembangannya.

Demi kesehatan sang bayi dan ibu selama mengandung, cukupilah konsumsi kalsium harian.

  1. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah yang tinggi kerap terjadi selama masa mengandung. Akan tetapi, terlalu sering mengalaminya pun bisa membahayakan sang ibu dan janin.

Salah satu cara mencegah munculnya hipertensi yakni dengan mengatur konsumsi kalsium yang bisa diperoleh dari produk olahan susu mau pun suplemen kalsium untuk membantu dalam mengatur tekanan darah.

  1. Perkembangan Syaraf dan Otot

Selain menguatkan serta membantu dalam perkembangan tulang dan gigi, kalsium juga berguna dalam perkembangan otot dan syaraf bayi.

Jumlah kalsium yang cukup membantu proses pengembangan dan menstabilkan irama jantung janin, melancarkan metabolisme. Maka, jangan sampai melewatkan kalsium dalam konsumsi makanan minuman harian, ya.

  1. Mencegah Preeklampsia

Seorang ibu hamil bisa rentan mengalami komplikasi penyakit, salah satunya mengalami Preeklampsia. Apa itu Preeklampsia?

Merupakan kondisi ketika tekanan darah sedang tinggi yang disertai juga gejala-gejala terjadinya kerusakan ginjal. Kondisi ini kerap dialami ibu hamil saat usia kehamilan telah di atas 20 minggu.

Preeklampsia bahkan bisa sewaktu-waktu muncul kembali jika pada kehamilan berikutnya.

Sumber-sumber Kalsium

Dari mana kalsium bisa diperoleh Sahabat Sehat? Berikut di antaranya.

  • Produk Olahan Susu

Produk makanan dan minuman berbahan dasar susu punya kandungan kalsium yang banyak. Umumnya, ibu yang sedang mengandung akan disarankan untuk minum susu untuk pemenuhan asupan kalsium.

Selain dari susu, kalsium bisa Sahabat Sehat dapatkan juga dari yogurt, keju, atau es krim.

  • Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan juga bagus untuk memenuhi kadar kalsium dalam tubuh, melancarkan metabolisme berkat seratnya yang banyak.

Ibu hamil bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti wijen, almond, kacang hijau, kedelai, edamame.

kacang kedelai sesa

Kacang Kedelai Organik SESA

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung kalsium dapat diperoleh dari brokoli, bayam, pakcoy. Selain kalsium, sayuran hijau tentu punya vitamin serta mineral baik bagi kesehatan ibu hamil dan sang bayi.

  • Ikan dan Udang

Kalsium terkandung pula dalam panganan laut seperti ikan salmon, udang atau sarden. Lebih baik mengonsumsi olahan ikan yang tercampur dengan tulangnya.

  • Buah-buahan

Buah jeruk, stroberi, jeruk keprok, kiwi atau kurma merupakan jenis buah-buahan yang punya kandungan kalsium tinggi. Sahabat Sehat bisa menjadikan buah-buahan sebagai camilan sehari-hari.

Buah pepaya juga mengandung kalsium yang baik bagi tulang dan kelebihannya adalah dapat melancarkan pencernaan berkat kandungan seratnya cukup tinggi.

Bahaya Kurang Kalsium

Sahabat Sehat, mari perhatikan asupan kalsium untuk mencegah beberapa bahaya yang timbul apabila kekurangan kalsium dalam tubuh.

  • Keropos

Pengeroposan tulang memang umum terjadi pada mereka yang sudah memasuki usia tua. Akan tetapi, bagi Sahabat Sehat yang masih berusia muda jangan sampai meremehkan hal tersebut.

Tulang yang keropos sebenarnya bisa terjadi pada siapa pun meski usianya masih muda. Penyebab utamanya yakni karena jumlah kalsium yang kurang dalam tubuh.

  • Kesemutan

Kondisi di mana tubuh mengalami mati rasa atau kejang otot selama beberapa menit ini tentu sangat membuat Sahabat Sehat tidak nyaman. Kondisi kesemutan ini juga kerap terjadi pada ibu hamil yang kekurangan kalsium.

  • Gangguan Psikologis

Gangguan psikologi seperti mudah lupa, penurunan ingatan juga bisa timbul akibat kurangnya kalsium dalam tubuh Sahabat Sehat.

Selain itu, seorang ibu hamil bisa mengalami mood swing atau perubahan emosi secara mendadak.

Anjuran Konsumsi Kalsium

Wanita usia 20 sampai 49 tahun normalnya membutuhkan 1000 miligram kalsium per harinya, beda lagi dengan kebutuhan ibu yang sedang mengandung.

Pada Permenker 28/2019 dijelaskan bahwa ibu hamil membutuhkan kalsium sebanyak 200 miligram dari biasanya, untuk per hari setidaknya perlu mendapatkan sekitar 1200 miligram.

Kebutuhan tersebut harus mulai dipenuhi mulai dari trimester satu hingga tiga kehamilan. Bahkan saat masa menyusui pun Sahabat Sehat tetap harus memenuhi kebutuhan kalsium.

Maka dari itu, jangan abaikan asupan kalsium per harinya demi mencegah terkena beberapa penyakit fatal seperti osteoporosis, penurunan daya ingat serta untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Butuh produk vitamin kalsium terbaik seperti Vitamin Code Raw Calsium bisa Sahabat Sehat dapatkan di Sesa.id dan jangan lupa unduh aplikasi Sesa.id di PlayStore atau AppStore. Semoga bermanfaat.