fbpx
Skip to content
Home » Blog » 37 Tips Kehamilan Sehat dari Ahli Nutrisi, Apa Saja Simak Selengkapnya

37 Tips Kehamilan Sehat dari Ahli Nutrisi, Apa Saja Simak Selengkapnya

Tips Kehamilan Sehat

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang membahagiakan setiap wanita. Kehamilan yang sehat tentu harus diupayakan untuk keselamatan ibu dan janin. Berikut beberapa tips untuk mencapai kehamilan sehat:

Tips Kehamilan Sehat

  1. Tetap sehat jangan konsumsi zat berbahaya

Jika sahabat sehat sedang hamil atau berpikir untuk hamil, sahabat sehat mungkin sudah mengetahui saran kehamilan paling dasar: Jangan merokok atau berada di sekitar perokok pasif. Jangan minum atau mengonsumsi zat berbahaya lainnya, dan istirahatlah.

  1. Konsumsi vitamin untuk ibu hamil

Sebaiknya mulai mengonsumsi vitamin prenatal sejak dini, yaitu harus mulai meminumnya segera setelah mengetahui hamil dan/atau sebelumnya—ketika sedang mencoba untuk hamil. Ini karena tabung saraf bayi, yang menjadi otak dan sumsum tulang belakang, berkembang dalam bulan pertama kehamilan, jadi penting untuk mendapatkan zat gizi penting—seperti asam folat, kalsium, dan zat besi—sejak awal.

DAPATKAN VITAMIN PRENATAL DI SESA.ID

  1. Berolahraga

Tetap aktif penting untuk kesehatan dan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan suasana hati Ini juga dapat mendorong tidur yang lebih baik. Ikuti kelas senam hamil atau berjalanlah setidaknya 15 hingga 20 menit sehari dengan kecepatan sedang—di tempat yang sejuk dan teduh atau di dalam ruangan untuk mencegah kepanasan.

  1. Tulislah rencana kelahiran

Prosedur melahirkan, posisi persalinan, asuransi, rumah sakir mana yang menjadi tujuan, dan lain sebagainya

  1. Edukasi diri

Meskipun ini bukan bayi pertama sahabat sehat, menghadiri kelas melahirkan akan membantu sahabat sehat merasa lebih siap untuk melahirkan.

  1. Latihan kegel

Latihan kegel memperkuat otot-otot dasar panggul yang menopang kandung kemih, usus, dan Rahim. Latihan kegel dapat membentu mempermudah persalinan. Dan mencegah masalah inkontinesia di kemudian hari.

BACA JUGA: 

  1. Vitamin Ibu Hamil Trimester 1,2,3 Dan Tips Mengkonsumsinya, Selengkapnya
  2. Berikut Suplemen Ibu Hamil yang Dibutuhkan Saat Masa Kehamilan
  3. Eliminasi racun

Karena kaitannya dengan cacat lahir, keguguran, dan masalah lainnya, Anda harus menghindari tembakau, alkohol, obat-obatan terlarang, dan bahkan pelarut seperti pengencer cat dan penghapus cat kuku saat hamil. Merokok, misalnya, menurunkan aliran oksigen ke bayi; itu terkait dengan kelahiran prematur dan komplikasi lainnya.

  1. Minimalkan pekerjaan rumah yang berisiko

Pekerjaan rumah seperti menggosok kamar mandi, membersihkan hewa peliharaan, menjadi berisiko saat hamil. Paparan bahan kimia beracun atau kontak dengan bakteri dapat membahayakan ibu dan janin.

  1. Periksa obat-obatan Anda

Sahabat sehat perlu bertanya kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat, suplemen, atau bahkan obat “alami” yang dijual bebas.

  1. Pantau berat badan

Kenaikan berat badan selama hamil pada sahabat sehat dengan IMT normal adalah 12 – 18 kg. sedangkan bagi ibu yang sebelum hamil memiliki IMT overweight, kenaikan berat badan disarankan 7 – 11 kg.

  1. Gunakan sepatu yang nyaman

Selama hamil bukan tidak mungkin bagian kaki ikut melebar dan ada beberapa ibu hamil yang punya kelihan kaki bengkak. Memilih sepatu yang nyaman akan mendukung aktivitas sehari – hari ibu hamil.

  1. Makan makanan yang tinggi asam folat

Asam folat adalah zat gizi yang penting pada awal kehamilan. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi asam folat 400 mcg setiap hari. Selain suplemen, asam folat juga didapat pada sumber berikut : kacang – kacangan, buah-buahan, dan beberapa makanan yang sudah difortifikasi asam folat.

Kacang Merah Organik

Kacang Merah Organik

  1. Makan makanan yang tinggi kalsium

Kalsium merupakan mineral yang membantu pertumbuhan tulang dan otot janin. Sumber kalsium dari makanan antara lain susu dan olahannya, ikan laut, dan kedelai

  1. Konsumsi ikan

Ikan merupakan sumber protein sekaligus sumber asam omega yang baik untuk pertumbuhan otak janin.

salmon makanan baik untuk otak

Ikan Salmon

  1. Konsumsi makanan sumber serat

Ibu hamil sering mengalami keluhan konstipasi. Maka dari itu dianjurkan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah.

  1. Konsumsi sayur

Sayur mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu dan janin.

bayam hijau

Bayam Hijau

  1. Konsumsi 5 – 6 makanan dengan gizi seimbang setiap hari

Hal ini dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil

  1. Jangan makan berlebihan

Jangan mentang – mentang sedang hamil, maka Anda makan berlebihan. Ibu hamil membutuhkan 400 – 500 kalori tambahan setiap hari.

  1. Batasi kafein

Kafein dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti refluks asam lambung pada ibu hamil, keguguran, kelahiran premature, dan anemia ibu hamil

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Ibu hamil dianjurkan stidaknya minum 2 liter air per hari

  1. Jangan minum minuman beralkohol

Alcohol yang dikonsumsi pada ibu yang sedang hamil dapat menembus plasenta dan janin juga dapat ikut mengkonsumsinya. Alcohol ada janin akan dipecah di hati, namun karena organ hati pada janin belum sempurna sehingga mengganggu pertumbuhan bahkan sampai berisiko keguguran

  1. Gunakan tabir surya

Perubahan hormonal pada ibu hamil mempengaruhi kondisi kulit ibu juga. Selalu gunakan tabir surya apabila berkatifitas di luar ruangan untuk menghindari paparan sinar UV secara langsung di kulit.

  1. Hindari bepergian dengan pesawat apabila sudah memasuki trimester ketiga

  2. Hindari berinteraksi hewan peliharaan seperti kucing karena berisiko virus toxoplasma

  3. Ibu hamil perlu tahu kapan dia harus menghubungi dokter

Kondisi kesehatan ibu hamil yang perlu dipantau membuat dia wajib tahu, dalam keadaan bagaimana dia harus menghubungi dokter

  1. Jangan merokok dan hindari asap rokok

Paparan asap rokok pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko lahir premature atau berat badan lahir rendah.

  1. Cukup tidur

Tidur yang cukup dapat membantu ibu hamil merasa rileks dan meredakan keluhan kelelahan selama hamil

  1. Gunakan sabuk hamil

Apabila dirasa perlu seperti jika melakukan perjalanan keluar kota dengan transportasi darat yang memakan waktu lama Sabuk hamil membantu menopang perut sehingga mengurangi rasa tidak nyaman pada ibu hamil

  1. Temui dokter gigi

Perawatan gigi dan mulut ibu pada masa kehamilan bukan hanya ditujukan untuk kesehatan Ibu, melainkan juga untuk kesehatan janin. Masalah gigi dan mulut selama kehamilan dapat berdampak kelainan pertumbuhan janin hingga dapat menyebabkan kelainan kongenital, dan mempengaruhi proses persalinan

  1. Ikuti kelas ibu hamil

Kelas ibu hamil bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap, perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan selama hamil

  1. Praktek Teknik relaksasi

Ibu hamil trimester ketiga mungkin akan mengalami stress memghadapi persalinan. Latihan Teknik relaksasi seperti yoga, peregangan, pernafasan, dan pijat akan membantu ibu hamil

  1. Lakukan peregangan sebelum tidur untuk menghindari kram otot

  2. Jaga kesehatan mental

Ibu hamil rawan stress oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mental ibu hamil

  1. Turuti mengidam

Sejujurnya, tidak ada yang tahu mengapa mengidam kehamilan terjadi. Beberapa ahli mengatakan itu adalah cara alami untuk memberikan nutrisi kepada calon orang tua, terutama nutrisi yang mungkin kurang. Yang lain mengatakan itu adalah hal yang emosional, didorong oleh hormon atau suasana hati.

  1. Berteman

Temukan cara untuk bertemu orang hamil lainnya, baik itu melalui yoga prenatal atau kelas melahirkan, kelompok orang tua tetangga, atau forum pengasuhan anak online. Dukungan, sumber daya, dan persahabatan dari orang lain yang senasib dengan sahabat seat dapat menjadi sangat penting untuk melewati pasang surut kehamilan

  1. Pelajari Tentang Depresi Pasca persalinan

Sahabat sehat mungkin pernah mendengar tentang depresi pascamelahirkan, tetapi mungkin tidak tahu bahwa 10 persen hingga 20 persen calon ibu mengalami gejala depresi berat selama kehamilan, menurut March of Dimes. Ini dapat meningkatkan risiko untuk persalinan prematur.

  1. Ambil foto diri sebelum bayi lahir

Hal ini bisa jadi kenang kenangan yang mungkin bisa bermanfaat dikemudian hari, memiliki foto dengan bayi masih dalam kandungan menjadi sensasi yang mungkin akan indah dikenang.

  1. https://health.ucsd.edu/news/features/pages/2016-01-05-36-pregnancy-tips-listicle.aspx
  2. https://brighamhealthhub.org/12-ways-to-stay-healthy-during-pregnancy/