Home » Blog » Penting Mengetahui 4 Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Penting Mengetahui 4 Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Seiring pertumbuhan janin yang terus berkembang di dalam rahim, perut ibu hamil pun akan semakin berat dan besar. Berikut beberapa ciri bayi yang sehat dalam kandungan 8 bulan Apa saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mungkin Sahabat Sehat akan rasakan sejumlah hal ketika usia kehamilan 8 bulan, seperti mulai merasakan napas sesak atau sulit bernapas, kontraksi palsu, sulit tidur, nyeri ulu hati, sering buang air kecil, kulit terasa gatal, kelelahan, dan lain sebagainya.

Selain ibu, ada juga ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang dapat Sahabat Sehat Identifikasikan sendiri ataupun melalui bantuan dari dokter kandungan.

DAPATKAN PERLENGKAPAN SEHAT IBU DAN ANAK DI SESA.ID

Berikut Beberapa Ciri Bayi yang Sehat dalam Kandungan 8 Bulan

  • Usia 33 Minggu

Pada usia ini, ciri bayi yang sehat di kandungan 8 bulan yang dapat diidentifikasi, yakni beratnya mencapai sekitar 1,9 kg dan panjang kepala bayi sampai tumit sekitar 43,7 cm. Jika dari hasil USG, ukuran bayi sudah tumbuh kira-kira seukuran dengan buah nanas.

Di usia kandungan ini, otak bayi pun tengah berkembang dengan pesat. Otak terlindungi tengkorak bayi yang masih lunak dan lentur. Lalu, bagian lengan serta kaki terlihat gemuk karena jumlah lemak bayi yang meningkat. Bayi yang berjenis kelami laki-laki, maka testisnya mulai turun ke skrotum.

BACA JUGA: 

  1. Ketahui 6 Ciri-Ciri Bayi yang Terinfeksi Cacingan
  2. 5 Manfaat Keju Untuk MPASI Untuk Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil
  3. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil
  • Usia 34 Minggu

Pertumbuhan serta perkembangan bayi pada usia ini menunjukkan penambahan bobot. Berat dari bayi naik sekitar 1,9 kg hingga kira-kira menjadi 2,1 kg. Lalu, panjang bayi pun bertumbuh jadi sekitar 45 cm, dari kepala sampai tumit.

  • Usia 35 Minggu

Seiring berjalannya waktu, bobot bayi pun bertambah. Di minggu ke-35, bayi akan mempunyai berat sekitar 2,4 kg, dengan panjang kira-kira 46,2 cm dari kepala sampai ke tumit. Ciri selanjutnya adalah penambahan bobot kira-kira 30 gram sehari selama beberapa minggu ke depannya.

Lalu, di usia kandungan ini gerakan bayi pun akan mudah terlihat pada permukaan perut, tanpa harus diraba dulu. Bayi bahkan sudah aktif untuk bergerak naik, turun, hingga berguling-guling.

Jangan heran apabila Sahabat Sehat pun bisa rasakan bayi alami cegukan. Satu lagi, bayi sehat akan alami perkembangan paru-paru.

  • Usia 36 Minggu

Pada usia ini, berat bayi akan capai sekitar 2,6 kg, dengan panjang sekitar di atas 47,4 cm. Di saat ini, semua bagian tubuh bayi seharusnya terbentuk lengkap. Makanya, masih memungkinkan jika bayi lahir secara prematur di usia ini.

Sejumlah hal yang bayi sehat alami berikut adalah sensitivitas pendengaran bayi yang kian meningkat, dan sistem otak serta saraf kian responsive. Karena telah mulai siap untuk lahir, posisi kepala pun semakin rendah serta turun ke arah panggul.

Hal Perlu Diperhatikan ketika Kandungan Berusia 8 Bulan

Setelah mengetahui tentang sejumlah ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan, Sahabat Sehat pun perlu mengetahui tentang hal yang harus diperhatikan saat kandungan di usia ini.

Untuk pastikan bayi bisa terlahir secara sehat serta lancar, terdapat sejumlah hal perlu diperhatikan ketika kehamilan sudah memasuki usia 8 bulan, seperti:

  • Apabila terjadi perubahan di dalam pola gerakan janin, seperti kian jarang terasa ataupun terus terjadi gerakan yang tidak biasa, segera hubungi dokter kandungan atau bidan sehingga kondisi bayi bisa dipastikan.
  • Jika berat bayi masih di bawah dari seharusnya, dokter mungkin akan berikan sejumlah saran untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi.

Makanan Baik untuk Ibu Hamil Usia 8 Bulan

Terdapat sejumlah makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil usia 8 bulan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Salmon

Kandungan omega 3 dan DHA bermanfaat untuk memaksimalkan perkembangan otak serta sistem saraf bayi yang terjadi secara pesat di trimester ketiga kehamilan. Salmon pun mempunyai kandungan vitamin, protein, zinc, serta zat besi yang cukup mendukung tumbuh kembang dari janin secara keseluruhan.

Salmon Giling

Salmon Giling

  • Yogurt

Biasanya semenjak usia kandungan 7 bulan, ibu hamil lebih rentan untuk alami sembelit/konstipasi karena pencernaan tertekan perut yang kian membesar. Mengonsumsi yogurt bisa bantu melancarkan pencernaan.

Greek Yoghurt

Greek Yoghurt

  • Ubi Jalar

Ubi jalar mempunyai kandungan vitamin A tinggi untuk optimalkan pertumbuhan sel serta jaringan janin di trimester tiga kehamilan.

ubi ungu organik

Ubi ungu organik

  • Daging Ayam

Konsumsi daging ayam kaya protein akan cukupi kebutuhan energi ibu hamil, tingkatkan kekuatan otot serta ibu hamil akan lebih fit ketika persalinan. Sebisa mungkin pilihlah daging ayam yang tanpa lemak.

Paha Atas Ayam

Paha Atas Ayam Probiotik

Itulah ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan dan makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil di usia kehamilan tersebut.

Jika Sahabat Sehat sedang mencari tempat membeli makanan sehat dan segar serta berkualitas bagus, Sahabat sehat bisa langsung mampir ke https://sesa.id/makanan-sehat.html. Semoga bermanfaat. 

  1. https://pyfahealth.com/blog/ciri-bayi-sehat-dalam-kandungan-usia-8-bulan/
  2. https://www.sehatq.com/artikel/kenali-ciri-bayi-sehat-dalam-kandungan-usia-8-bulan
  3. https://genbest.id/articles/8-rekomendasi-makanan-terbaik-untuk-ibu-hamil-9-bulan
  4. https://www.orami.co.id/magazine/ciri-bayi-sehat-dalam-kandungan-usia-8-bulan