fbpx
Skip to content
Home » Blog » Inilah 6 Kegunaan Minyak VCO yang Jarang Diketahui

Inilah 6 Kegunaan Minyak VCO yang Jarang Diketahui

Kegunaan Minyak VCO yang Jarang Diketahui

Kegunaan Minyak VCO atau Virgin Coconut Oil dipercaya oleh masyarakat lebih banyak manfaat dibandingkan minyak kelapa biasa. VCO merupakan salah satu minyak terkenal dapat digunakan sebagai obat luar untuk kulit.

Minyak ini berasal dari santan kelapa murni yang tidak melalui pemanasan dengan suhu tinggi dalam proses pembuatannya. VCO juga tidak dijernihkan, baunya tidak dihilangkan dan tidak ada pengurangan atau penambahan kandungan lain.

DAPATKAN MINYAK GORENG ORGANIK & VIRGIN COCONUT OIL ORGANIK DI SESA.ID 

Perbedaan dan Kegunaan Minyak VCO dengan Minyak Kelapa Biasa

Karena tidak melalui proses pemanasan suhu tinggi dan tidak dijernihkan, VCO memiliki kandungan nutrisi yang banyak dimanfaatkan berbagai produk kesehatan dan kecantikan. Proses ekstraksi minyak kelapa dara berbeda karena langsung dari santan kelapa segar.

Terdapat dua cara dalam pembuatan VCO yang biasa dilakukan. Pertama adalah dengan melakukan fermentasi santan. Proses fermentasi ini menggunakan bakteri Lactobacillus Plantarum dan Lactobacillus Fermentum.

Cara kedua adalah dengan sentrifugasi. Pada proses sentrifugasi daging buah kelapa dihancurkan dan ditempatkan pada sebuah mesin pemutar supaya mengeluarkan minyak. Kedua proses tersebut membuat sifat alami dan kegunaan minyak VCO tetap terjaga.

Sedangkan pada proses pembuatan minyak kelapa biasa terjadi proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman. Proses tersebut akan dapat menghilangkan kandungan-kandungan penting yang ada dalam minyak kelapa.

Kandungan Nutrisi dan Kegunaan Minyak VCO

Minyak ini berasal dari zat gizi yang ada di dalamnya. Dalam satu sendok minyak kelapa dara terkandung 13 gram lemak total. Dari total 13 gram lemak tersebut, 11 gram berasal dari lemak jenuh.

Jenis lemak jenuh yang ditemukan pada Virgin Coconut Oil adalah lauric acid atau asam laurat. Pada sebuah studi yang diterbitkan oleh Processes di tahun 2020 menemukan bahwa kandungan asam laurat pada VCO setara 53,70 sampai 54,06 persen.

Sedangkan pada minyak kelapa biasa hanya terkandung asam laurat sebanyak 2,81 persen dari seluruh kandungan. Karena langsung berasal dari olahan santan, VCO juga mengandung karbohidrat dan protein.

Virgin Coconut Oil juga mengandung fitokimia atau senyawa khusus yang ada pada tanaman yaitu alkaloid dan saponin. VCO dapat dikatakan unik karena mengandung bakteri baik yaitu Lactobacillus Plantarum dan Lactobacillus Paracasei.

Sesa Vco Virgin Coconut Oil

Sesa Vco Virgin Coconut Oil

Kegunaan Minyak VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak kelapa biasa umumnya digunakan sebagai minyak pijat. Namun VCO dapat dikonsumsi dan dikombinasikan dengan serangkaian program. Tujuannya agar meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh. Berikut kegunaan dan manfaat dari VCO.

1. Membantu Proses Metabolisme dalam Tubuh

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang mengandung banyak lemak jenuh, Virgin Coconut Oil mengandung banyak asam lemak sehingga membantu proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah penumpukan lemak pada arteri.

Kegunaan minyak VCO ini terbukti pada beberapa penelitian yang dilakukan seperti di Sri Lanka dan masyarakat Kitavan di Papua Nugini. Berdasarkan studi tersebut, mengonsumsi minyak ini dalam jumlah banyak dapat menurunkan angka kasus serangan jantung.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Merk Minyak Goreng Terbaik untuk Menjaga Kesehatan

2. Membunuh Mikroorganisme Berbahaya

Manfaat dari Virgin Coconut Oil yang mengandung banyak asam laurat dapat membunuh mikroorganisme berbahaya. Lebih dari 50 persen asam lemak yang terkandung adalah asam laurat. Asam lemak ini akan berubah menjadi zat bernama monolaurin saat dicerna.

Kombinasi asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi seperti virus, jamur dan bakteri. Contoh bakteri yang berpotensi mati karena kedua zat tersebut adalah Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit dan pneumonia.

Pomace Olive Oil Sesa

Pomace Olive Oil Sesa

3. Membantu Proses Pembakaran Lemak Tubuh

Kegunaan minyak VCO yang dikombinasikan dengan olahraga ringan dapat membantu untuk mendorong pembakaran lemak tubuh serta menghasilkan energi tambahan. Beberapa studi bahkan membuktikan manfaat ini.

Menurut studi tersebut mengonsumsi 15 sampai 30 gram Virgin Coconut Oil per hari mampu meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5 persen dari biasanya. Proses pembakaran lemak ini dapat mencegah obesitas atau berat badan berlebih.

4. Mengurangi Frekuensi Kejang

Kandungan NCT ada dalam minyak VCO akan langsung dikirim menuju hati untuk diproses menjadi keton. Selanjutnya keton dikirim menuju otak sebagai sumber energi utama. Mengonsumsi rutin bersama diet rendah karbohidrat meningkatkan keton dalam darah.

Kegunaan minyak VCO dalam meningkatkan keton dapat membantu mengurangi frekuensi kejang seseorang. Cara kerja keton untuk mengurangi kejang adalah dengan mengurangi stres oksidatif karena paparan radikal bebas pemicu kejang.

Cara kerja keton selanjutnya yang dapat membantu untuk mengurangi kejang adalah dengan meningkatkan fungsi pada bagian sel yang memberikan energi. Selain itu keton juga membantu untuk menjaga keseimbangan senyawa di otak.

BACA JUGA: 7 Merk Minyak Goreng untuk Penderita Kolesterol

5. Membantu Proses Pencernaan yang Lebih Baik

Manfaat dari VCO ini juga berperan penting dalam membantu proses pencernaan yang lebih baik. Karena kandungan lemak yang tinggi, asupan ini dapat membantu tubuh menyerap vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E dan K.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa kandungan MCT yang ada di dalam VCO dapat membantu pemecahan nutrisi dan lemak. Hal ini dikarenakan MCT akan langsung diserap liver dan diubah menjadi keton.

6. Kegunaan Minyak VCO untuk Membantu Kesehatan Kulit dan Rambut

Tidak hanya untuk dikonsumsi, minyak ini juga dapat digunakan untuk pemakaian luar tubuh. Mengoleskan minyak VCO pada kulit dapat membuat kulit Sahabat Sehat lebih halus dan bercahaya.

VCO dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, memudarkan stretch mark dan menyamarkan noda hitam. Mengoleskannya pada rambut dapat membuat rambut terlihat lebat berkilau karena akan menutrisi akar rambut dan melindungi kerusakan karena panas.

Manfaat Virgin Coconut Oil memang berpotensi menjaga kesehatan Sahabat Sehat dari banyak aspek. Agar kegunaan minyak VCO dapat diperoleh, pastikan tetap mengonsumsi dengan hati-hati dan tidak berlebihan.

  • https://www.tokopedia.com/blog/manfaat-vco-hlt/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-virgin-coconut-oil-minyak-kelapa-dara/