fbpx
Skip to content
Home » Blog » Khasiat Susu Nabati untuk Asam Lambung yang Diderita

Khasiat Susu Nabati untuk Asam Lambung yang Diderita

Susu nabati untuk asam lambung dapat membawakan efek yang sangat besar khususnya untuk penyembuhan. Perlu diketahui bersama bahwa susu tersebut mengandung rendah lemak serta memiliki senyawa yang aktif sehingga mampu mengatasi gejala asam lambung.

Selain itu, memilih makanan dan minuman yang sesuai dengan tubuh juga menjadi faktor penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Menurut beberapa penelitian, susu kedelai memiliki lemak yang lebih rendah dibandingkan susu hewani.

Hal tersebut membuat minuman tersebut tidak memicu penyakit asam lambung untuk kambuh. Selain itu, susu kedelai juga kaya dengan protein dan kalsium yang dapat menetralkan maag. Jadi sahabat sehat tidak perlu khawatir sekarang, karena penyakit tersebut dapat diatasi.

DAPATKAN SUSU NABATI SEGAR DI SESA.ID

Rekomendasi serta Manfaat Susu Nabati untuk Asam Lambung

Susu nabati biasanya berasal dari kedelai atau almond, sehingga dapat dengan mudah dijumpai. Pemicu naiknya asam lambung sangat beragam, mulai dari makanan yang mengandung tinggi lemak hingga makanan yang mempunyai rasa terlalu pedas atau terlalu manis.

Untuk Sahabat Sehat, perlu sekali mengetahui makanan apa saja yang harus dan tidak boleh dikonsumsi, agar maag tidak mudah kambuh. Khasiat susu nabati untuk asam lambung dapat Sahabat Sehat rasakan jika mengonsumsinya secara rutin.

Perlu diketahui bersama, bahwa susu almond menjadi salah satu favorit banyak orang. Jadi, jika Sahabat Sehat merupakan salah satu penderita maag, bisa coba untuk mengonsumsi susu almond dengan teratur agar kadar asam di dalam tubuh bisa lebih seimbang.

Kacang almond mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin E, serat, magnesium, seng, mangan, fosfor, natrium, zat besi, asam amino triptofan, dan juga kalsium. Jadi, tidak heran bahwa minuman yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA: Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Susu almond juga memiliki sifat basa, hal tersebut membuat para sahabat sehat sangat cocok dan aman untuk mengonsumsinya, karena rata-rata pH basa susu almond hingga 8,4. Kandungan pH ini dinilai lebih besar daripada pH dari susu sapi yang kurang lebih 6,8.

Susu Kacang Almond Coklat

Susu Kacang Almond

Dengan memilih pH yang tinggi, susu almond dapat menetralisasikan maag. Kandungan lemak yang rendah dapat mengencerkan asam dan mencegah naiknya ke kerongkongan. Untuk itu, konsumsi ini cukup direkomendasikan.

Untuk rekomendasi produk susu almond yang bisa Sahabat Sehat konsumsi dengan aman adalah almond breeze milk vanilla blue diamond. Terdapat berbagai rasa yang bisa menjadi pilihan, seperti original, dan latte blue. Ada juga, barefood almona almond milk powder.

Semua produk tersebut bisa didapatkan melalui aplikasi Sesa.id yang bisa Sahabat Sehat download melalui Play Store untuk mempermudah pembelian. Perlu menjadi catatan bahwa mengonsumsi minuman nabati sangatlah penting, agar asam lambung tidak mudah naik.

BACA JUGA: Dampak Makan Ikan Salmon untuk Ibu Hamil Ternyata Sehat

Susu Nabati untuk Asam Lambung dan Gejalanya

Selain membahas mengenai khasiatnya, sebaiknya Sahabat Sehat juga mengetahui beberapa gejala penyakit tersebut. Tentunya agar mengetahui cara penanganannya dengan mudah, sehingga tidak berakibat fatal.

Naiknya maag menjadi salah satu permasalahan dalam organ pencernaan yang biasanya terjadi pada masyarakat. Terdapat beberapa gejala yang setidaknya satu saja harus diketahui seperti berikut.

  1. Susu Nabati untuk Asam Lambung dan Nyeri Dada

Rasa nyeri yang timbul di bagian dada atau perut bagian atas, umumnya diawali dengan sensasi terbakar. Lalu nyeri dada biasanya juga akan lebih terasa saat Sahabat Sehat berbaring, membungkuk atau setelah makan.

  1. Radang Tenggorokan

Tidak hanya menjadi salah satu gejala dalam infeksi bakteri atau virus, radang juga bisa menjadi tanda bahwa asam lambung sedang naik. Asam dari lambung bisa naik dengan menekan bagian belakang pada kerongkongan.

  1. Sulit Menelan

Perlu diketahui bersama, bahwa maag yang naik pada kerongkongan akan menyebabkan iritasi serta luka pada daerah tersebut. Hal inilah yang menyebabkan permasalahan susah menelan. Atasi dengan susu nabati untuk asam lambung.

Maka dari itu, Sahabat Sehat perlu menjaga pola makan yang teratur serta mengonsumsinya seperti susu kedelai atau almond. Hal tersebut akan sangat membantu dalam proses penetrasi asam.

BACA JUGA: Karakter Bagian Daging Sapi yang Empuk Ternyata Begini

Susu Nabati untuk Asam Lambung dan Cara Menurunkannya

Selain mencoba untuk mengonsumsinya, Sahabat Sehat juga bisa mengikuti beberapa cara untuk menurunkan asam lambung dengan mudah. Pertama, hindari makanan seperti cokelat, buah dan jus jeruk, kafein, soda, dan juga makanan lemak tinggi.

Sahabat Sehat juga harus mengetahui cara mengatur porsi makan dengan baik selain meminum susu nabati untuk asam lambung. Lebih baik menghindari porsi besar dalam sekali makan. Hal ini bisa diganti untuk makan porsi kecil baik 5-6 kali dalam sehari.

Hindari merokok. Sebab hal ini akan mengurangi efektivitas otot serta menjaga maag agar tidak mudah naik. Tinggikan kepada saat akan tidur, tumpuk beberapa bantal agar kepala bisa 6 inc lebih tinggi dari posisi biasanya.

Dengan khasiat yang besar, hal tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk Sahabat Sehat. Susu nabati untuk asam lambung bisa dikonsumsi secara langsung, bisa juga dikelola menjadi makanan enak, seperti sereal, smoothies, dan masih banyak lagi.

  • https://hot.grid.id/amp/183521585/bukan-sembarang-susu-hanya-3-jenis-ini-yang-aman-dikonsumsi-penderita-asam-lambung-karena-memiliki-kandungan-lemak-yang-rendah?page=2
  • https://www.alodokter.com/manfaat-susu-kedelai-untuk-asam-lambung-dan-cara-membuatnya
  • https://hellosehat.com/pencernaan/maag/gejala-penyakit-asam-lambung/?amp=1#aoh=16662073898859&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s
  • https://hellosehat.com/pencernaan/maag/gejala-penyakit-asam-lambung/?amp=1#aoh=16662073898859&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s
  • https://www.halodoc.com/artikel/cara-turunkan-asam-lambung-tanpa-obat